Rabu, 04 Maret 2015

8 Tips Untuk Pendaki

    Bersyukurlah bagi anda yang tinggal di Indonesia, Negeri dengan sejuta budaya dan keindahan yang terkandung di dalamnya. Kalau Bali mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, namun masih banyak di Indonesia tempat-tempat yang luar biasa indahnya, sebut saja Raja ampat di bagian timur Indonesia kemudian ada Mahameru puncak tertinggi di pulau jawa dari gunung Semeru. Oleh sebab itu, tidak sedikit saat ini para penikmat alam untuk menghabiskan waktu liburan dengan mendaki.
   Bagi anda yang ingin melakukan petualangan mendaki sebuah gunung, mari baca dulu tips pendakian untuk pemula berikut :

1. Pelajari lokasi gunung yang akan didaki
Satu persiapan penting sebelum mendaki gunung adalah mempelajari medan dan lokasi gunung tujuan anda. sebab, tiap-tiap gunung punya jalur pendakian yang berbeda-beda.

Di Gunung Kerinci misalnya, mayoritas pendakian disana adalah pasir dan lumpur. Di Gunung Rinjani perjalanan yang hampir 45 derajat.
Anda bisa mencari sumber informasi tentang lokasi gunungg yang akan anda tuju dari searching di Google dan bisa langsung bertanya kepada teman yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut.

2. Berolahraga sebelum naik gunung
Jangan anggap enteng yang namanya mendaki sebuah gunung, dalam sebuah pendakian sangatlah di perlukan fisik yang fit dan prima untuk bisa sampai pada puncaknya. Ada baiknya anda berolahraga beberapa minggu sebelum melakukan pendakian, seperti jogging. Jalur pendakian yang menanjak, suhu yang dingin serta oksigen yang menipis akan menjadi halangan berat bagi para pendaki. Lakukanlah olah raga secara rutin dan seimbang dengan waktu istirahat yang cukup.

3. Sediakan peralatan dengan cermat dan tepat
Peralatan yang umum di bawa oleh para pendaki gunung adalah tas carier, sepatu/sandal gunung, tenda, jaket, pisau lipat, kompas, peluit, alat masak portable,jas hujan, senter, matras, sleeping bag dan perlengkapan P3K.
Untuk tas carier sendiri di sesuaikan dengan durasi perjalanan yang akan dilakukan, jika akan melakukan perjalanan menempuh jarak jauh dan cukup lama disarankan untuk membawa tas dengan ukuran yang besar agar lebih bisa membawa logistik yang cukup. 

4. Mempersiapkan perbekalan dan logistik
Dalam hal mempersiapkan perbekalan dan logistik merupakan salah satu hal terpenting dalam persiapan jika kita ingin melakukan pendakian sebuah gunung. banyak dari beberapa pendaki yang hanya membawa perbekalan berupa mie instan, roti dan air minum. Tapi apakah kalian tau jika kita sangatlah membutuhkan tenaga untuk mendaki sebuah gunung..?, so...kalau bisa kurangi makan mie instan dalam sebuah pendakian, mungkin bisa kenyang dan praktis namun kenyangnya tidak bertahan lama. Untuk perbekalan yang paling utama kita persiapkan adalah air mineral, bisa beli ataupun ambil dirumah sendiri dan di taruh di water bleader. Jangan lupa bawa minuman dengan kandungan vit c supaya ada sedikit energi dan untuk seger-seger ketika perjalanan. untuk makanannya kita bisa menggunakan ubi jalar atau ubi kayu kemudian kita rebus. bisa juga membawa beras secukupnya kemudian membawa sop-sop'an kan banyak tu tukang sayur yang jual sop paketan, membuatnya pun gampang, tinggal iris-iris kemudian masukan bumbu siap saji dan tara...sop nikmatpun siap di sajikan. Siapkan juga biskuit gandum serta coklat.

5. Mendaftar dan lapor di pos perijinan terlebih dahulu
Di beberapa gunung memiliki tempat untuk perijinan, registrasi, data diri, lama perjalanan, daftar anggota dan perbekalan yang dibawa. Jangan sesekali acuhkan tempat tersebut, karena petugas disanalah yang nantinya akan membantu anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Beberapa gunung yang populer dan mewajibkan pengunjungkan mengisi daftar pendakian dan perizinan, Gunung Semeru, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Kerinci, Gunung Gede-pangrango, Gunung Argopuro. Dengan anda melakukan perizinan berarti anda sudah mempunyai itikad baik.

6. Jaga handphone dan camera anda dengan baik 
Kalau mendaki gunung pasti enggak lepas dengan yang namanya selfie dan foto bareng teman-teman, terlebih lagi menjumpai pemandangan yang luar biasa indah yang tidak bakal kita temui di kehidupan sehari-hari, rugikan kalau gak diabadikan. Namun ada lebih baiknya sebelum kita berangkat kita matikan HP kita serta dibungkus dengan plastik begitu juga dengan camera anda, karena yang namanya gunung tidak pernah menentu kapan panas dan kapan hujannya, akan lebih baik tas carier yang anda gunakan dilengkapi dengan cover bag sehingga barang elektronic anda bisa aman.

7. Berdoa dan bertindaklah dengan sopan
Biasakanlah, sebelum melakukan sebuah pendakian berdoa dan minta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena segala sesuatu yang terjadi kedepannya adalah kehendak Nya.
Saat mendaki ingatkan diri anda, teman serta rombongan anda untuk bertingkah sopan. Usahakan satu rombongan anda tidak terlalu bertingkah yang berlebihan atau berkata kasar dan mengumpat.

8. Ingat prinsip pecinta alam.!!
Prinsip yang harus dipegang teguh, "jangan mengambil sesuatu kecuali gambar, jangan membunuh sesuatu kecuali waktu, dan jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak". Ini adalah prinsip dasar yang harus dipegang teguh oleh setiap pendaki agar tetap harmonis dengan alam dan pendaki lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mendaki.!!!
Salam Lestari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar