Kamis, 05 Maret 2015

Berselancar di lautan pasir parangkusumo


Kita kenalan dulu yuk sama gumuk pasir di parang kusumo Yogyakarta.
Jika kalian lagi backpacckeran ke Yogyakarta jangan sampai kelewatan venue yang satu ini, pemandangan yang indah, membuat kita merasa di Mesir biar lebih berasa di Mesir mungkin bisa sekalian pake baju muslim.

Hamparan pasir yang luas di bagian selatan Provinsi DIY merupakan kejadian fenomena alam unik yang satu-satunya di Asia Tenggara. Gumuk pasir dapat di tempuh dari kota Yogyakarta sekitar 30 menit perjalanan ke arah Selatan dan tidak jauh dari pantai parangtritis.

Gumuk pasir yang terbentuk di antara pantai parangkusumo hingga pantai depok ini pada umumnya disusun atas material pasir hitam gunung Merapi yang terbawa oleh aliran sungai Oyo dan Opak yang kemudian diendapkan dimuara sungai. Besarnya angin di pesisir selatan Yogyakarta  membuat material pasir terdeflasi dalam bentuk saltasi atau rayapan pasir. Adanya hambatan yang berupa vegetasi ataupun topografi penghalang akan menyebabkan material mengendap sehingga terbentuk gumuk pasir.

Selain tempat wisata alam yang sudah pasti indah, banyak hal yang bisa dilakukan di gumuk pasir tersebut, ada beberapa artis yang membuat video clip nya di gumuk pasir parang kusumo, salah satunya Agnes Monica yang lagunya Le'o le'o (eh bener gak ya..?)

Nah gumuk pasir juga bisa menjadi salah satu media untuk olah raga ekstream yaitu Sand boarding. Ada yang udah tau apa itu sand boarding..?




Sedikit info tentang sand boarding. 
Olah raga sand boarding tergolong olah raga dengan range ekstream. Olah raga ini di adaptasi dari olah raga snow boarding yang biasa dilakukan orang-orang di negara yang memiliki iklim cuaca dingin hingga bersalju, biasanya snow boarding dilakukan di daerah pegunungan yang bersalju ketika musim salju tiba.

Di akhir tahun 2012'an para pemuda di daerah yogyakarta khususnya para pecinta alam mempunyai sebuah gagasan untuk membuat kegiatan olah raga yang bersifat positif dan menantang. Dari gagasan tersebut terbentuk sebuah komunitas unik yang bernama Sand Boarding Indonesia. "kan di Indonesia gak pernah ada tu musim salju jadi gak bisa kalau mau main snow board, di Indonesia mah adanya musim kemarau yang puanas," ujar mas Sidiq (penanggung jawab sand boarding Indonesia). 

Berawal dari pemikiran yang sederhana tersebut dan keinginan untuk mencoba hal yang baru maka teman-teman dari SBI (Sand Boarding Indonesia) ini melakukan eksperimen menjajal bermain board tapi di pasir, dan alhasil sukses. bermodalkan papan surfing yang sudah di modifikasi menjadi awal mula dari segalanya.


Dan uniknya olah raga ini, sama seperti snow board. tidak di setiap negarra bisa dilakukan. jika snow board hanya bisa dilakukan di daerah yang berslaju, jika sand board hanya bisa dilakukan di negara yang memiliki gumuk pasir. Maka bersyukurlah warga Yogyakarta bisa menikmati olah raga yang menyenangkan dan menegangkan ini. O..ya, yang lagi menjalani program diet di sarankan mencoba, di jamin bisa langsung kurus.



Mungkin ada yang berminat untuk mencoba salah satu olah raga ekstream ini.?

Salam lestari.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar